Pada saat membangun perusahaan bisnis, pastinya membutuhkan banyak sekali peranan besar setiap elemen perusahaan agar aktivitas bisnis dapat berjalan lancar. Salah satu peranan yang tidak dapat diabaikan tentu adalah bagian Procurement. Bagian tersebut mempunyai peranan penting dalam hal rantai pasokan perusahaan.
Baca Juga : Jasa Kontraktor Elektrikal Terbaik
Untuk membuat rantai pasokan lancar tentu itu bukanlah mudah. Oleh karena itu, dibutuhkan pekerja dengan kualitas tinggi yang memegang posisi tersebut. Dengan begitu, barulah kegiatan pasokan bisnis dapat berjalan dengan sebaik-baiknya. Nah, mengingat begitu pentingnya posisi tersebut, maka tidak ada salahnya bagi Anda untuk memahaminya lebih jauh lagi.
Apa Itu Procurement?
Procurement merupakan sebuah kegiatan khusus yang sangat strategis untuk melakukan analisis terhadap kebutuhan bisnis, membuat pembelian dan permintaan, evaluasi penyuplai barang, mengadakan pemesanan, serta melakukan pencatatan akhir aktivitas. Dari penjabaran singkat tersebut tentu sudah dapat diketahui bahwa bagian tersebut sangat krusial bagi perusahaan bisnis.
Tugas Dari Procurement
Setelah mengetahui apa itu procurement, selanjutnya akan diberikan gambaran singkat tentang tugas dari posisi tersebut. Berikut adalah penjelasan selengkapnya:
- Menentukan standar yang jelas untuk perusahaan terhadap kebutuhan. Hal tersebut dilakukan agar proses filter saat tender bisa dijalankan dengan lebih cermat, terukur, dan akurat.
- Merencanakan penyediaan barang. Dalam hal ini, akan disusun daftar lengkap kebutuhan perusahaan.
- Melakukan penyesuaian terhadap permintaan. Artinya, pengajuan yang dikeluarkan oleh semua divisi akan disaring untuk kemudian dibuat permintaan yang sesuai.
- Mencari supplier dan vendor terbaik untuk perusahaan.
- Menganalisa surat penawaran dari supplier dan vendor. Hal ini sangat penting dilakukan agar penawaran yang didapatkan bisa lebih menguntungkan.
- Melakukan negosiasi agar bisa memperoleh keuntungan optimal.
- Membuat kontrak atas transaksi dengan sangat jelas.
- Menerima invoice untuk memastikan semua transaksi sudah sesuai dengan yang dilakukan.
- Melakukan pengecekan kualitas dan kuantitas dari barang atau jasa yang datang.
Begitulah tadi ulasan mengenai pengertian serta tugas dari bagian procurement di perusahaan. Melihat penjelasan di atas, tentunya dapat disimpulkan bahwa divisi tersebut berperan penting dalam kemajuan bisnis. Selain bagian tersebut, setiap company juga wajib memperhatikan konstruksi kelistrikan gedung. Untuk memastikan hal itu, pastikan Anda menggunakan jasa Konstruksi Elektrikal dari restuniaga.co.id.